My Acne Story (Part 1) - Awal Mula Berjerawat!? - Penyebab Jerawat!?

Hai sahabat blogger..
Kembali lagi di Septian Syahrizal’s Blog. 🤗
Dalam tulisan kali ini saya ingin sedikit bercerita tentang jerawat yang pernah saya alami, dan semoga cepat berlalu dengan segala upaya yang sudah saya lakukan.
Langsung saja ke pembahasan ya guys! 😉

Banyak banget yang nanya, “Kak, dulukan wajah kakak bersih, mulus, bahkan nggak ada jerawat sama sekali. Terus kenapa sekarang jadi jerawatan gitu? Apa penyebabnya? Pakai skincare apaan?” itulah pertanyaan yang sering saya terima saat saya mengalami jerawat sewajah saya ini.🤧
Ya.. saya juga nggak kaget sih kalo mereka bertanya seperti itu. karena sampai sekarang aja saya masih bingung, penyebabnya apa gitu? 🤔 Karena memang dari kecil sampe saya masuk perkuliahan, saya tuh nggak pernah mengalami yang namanya Jerawatan. Adapun mungkin 1-2, dan itupun sebulan atau dua bulan sekali saya mengalaminya. 
Mungkin masa inilah yang saya bilang masa terkelam dalam hidup saya selama ini. Semoga kedepannya tidak ada lagi masa terkelam. Aamin.. 

Menurut pemikiran saya, awal mula saya dan mungkin orang lain juga bisa sampe jerawatan parah itu mungkin, karena : 

1. Sering Banget Gonta-Ganti Produk Pembersih Wajah
Alasan yang pertama ini memang sering banget dilakukan oleh generasi pada saat ini. Sering banget kemakan iklan atau biasa yang kita sebut sebagai korban iklan. Ya mungkin ini saya salah satunya. Ada iklan pembersih wajah yang menarik dan lagi ada promo langsung beli. Padahal itu akan membuat wajah kita yang tadinya sudah cocok dengan produk A, lalu karena kitanya ganti dengan beli produk B. Wajah kita  akan beradaptasi atau menyesuaikan lagi dengan produk yang sudah kita beli tersebut.

2. Sering Banget Mencuci Wajah
Alasan yang kedua ini mungkin nggak banyak orang yang sadar. Bahwa, apabila kita sering mencuci wajah dengan pembersih wajah yang cocok diwajah kita sekalipun itu akan membuat wajah kita menjadi iritasi. Karena apa? Ya karena lapisan kuliit kita sudah menipis karena gesekan pada saat kita mencuci wajah tadi. Saya dulu juga sempat mendengar di sebuah acara televisi mengenai kesehatan gitu yaa.. si dokter ini menjelaskan bahwa, kita tidak boleh sering-sering mencuci wajah. Karena apa? Karena PH yang ada didalam kulit kita ini akan memproses kandungan yang ada didalam produk pembersih wajah kalian selama kurang lebih 2-3 jam barulah PH kalian kembali normal. Dan apabila dalam kurun waktu kurang dari 2 jam tersebut kalian mencuci kembali wajah kalian, akan berdampak buruk bagi kesehatan kuliat kalian sendiri.

3. Pola Hidup Dan Pola Makan Yang Tidak Sehat
Nah, pada alasan kali ini pasti kalian juga bingung. Apa benar pola hidup sehat dan pola makan bisa mempengaruhi jerawat pada wajah kita? Jawabannya : Bener banget guys! Karena apa? Ya karena apa yang kita lakukan terhadap tubuh kita ini berawal dari pola hidup dan pola makan kita. sudah teraturkan pola hidup dan pola makan sehat kita? kalau memang belum bisa menjaga pola hidup dan pola makan sehat, ya percuma aja kalian beli skincare yang ratusan bahkan sampai jutaan rupiah kalau kalian masiih belum bisa menjaga pola hidup sehat kalian.

4. Jarang Mengganti Sarung Bantal
Memang iya, jarang mengganti sarung bantal bisa mempengaruhi jerawat pada wajah? Jawabanku : Iya Banget! Karena apa? Coba deh kalian pikir, rambut kalian yang seharian dari luar rumah pastikan kena debu dan lain-lain. Nah itu kalian buat tidur, pasti debu dari luar tersebut akan menempel di sarung bantal yang kalian buat tidur tadi. Jadi itu juga akan mempengaruhi jerawat kalian. 

5. Malas Pakai Masker Wajah
Sebenarnya nggak terlalu berpengaruh sih, karena sudah banyak produk pembersih wajah itu yang kandungannya sudah seperti menggunakan masker. Tapi, bagiku untuk menggunakan masker wajah ini sangat penting. Karena bisa mengangkat kotoran sel kulit mati, bisa juga untuk merelaksasi wajah kita yang capek pada waktu itu dan masih banyak juga sih manfaat masker wajah ini sesuai dengan yang kalian butuhkan. Ya.. setidaknya seminggu sekali lah untuk meluangkan waktu buat menggunakan masker wajah ini. Apalagi masker wajah kan sudah banyak banget dijual ditoko dekat rumah kalian juga. Jadi bisa langsung kalian aplikasikan ke wajah kalian.

Mungkin itu aja kali ya alasan penyebab bisa sampe jerawatan parah pada diri saya dan mungkin juga yang dialami orang lain juga. Ohya, saya minta maaf kalau dari awal sampai akhir nggak ada foto saya untuk ditunjukin ke kalian gimana wajah saya saat jerawatan. Karena memang jarang banget foto, bahkan melihat ke cermin saja saya sudah nggak tega melihatnya.. bikin sedih dan terpuruk pokoknya dahh..😫🤧
Nanti juga saya akan share ke kalian bagaimana cara saya mengatasi jerawat ini, jadi jangan bosan ya untuk membaca tulisan saya yang masih nggak tertata ini. Hehe.. maklumlah masih pemula banget.
Ohya buat kalian yang sudah baca blog saya ini, kita bisa diskusi dikolom komentar ya guys!
Kalian juga boleh request ke saya, kedepannya mau berbagi pengalaman saya apalagi.

Jika tulisan saya ini bisa bermanfaat buat kalian atau orang terdekat kalian, jangan lupa untuk share ya.. terimakasih! 🙏 Keep Spirit Acne Fight! 💪 You're Not Alone! 😉

Comments

Popular posts from this blog

Seputar Tentang Ilmu Mekatronika - Pengertian - Manfaat - Elemen Mekatronika

Gebyar Wisuda SMP Islam Dahlan Syafi'i Tahun Ajaran 2011 - 2012