My Acne Story (Part 2) - Cara Merawat Kulit Wajah Berjerawat

Hai sahabat blogger..
Kembali lagi di Septian Syahrizal’s Blog. 🤗
Dalam tulisan kali ini saya ingin melanjutkan cerita pada tulisan saya sebelumnya mengenai MyAcne Story (Part 1).
Dalam tulisan saya sebelumnya, saya menuliskan beberapa penyebab jerawat pada diri saya dan mungkin yang orang lain rasakan juga. Tetapi, dalam tulisan kali ini saya akan membahas mengenai “Bagaimana Sih Cara Merawat Kulit Wajah Berjerawat?” Pasti kalian sudah penasarankan? Langsung saja ke pembahasan ya guys! 😉

Buat kalian yang sedang berjerawat jangan pernah mengeluh apa yang sedang terjadi pada kalian saat ini, karena kalian tidak sendiri dan tentunya masih banyak orang diluar sana yang sedang merasakan juga apa yang sedang kalian rasakan, termasuk saya sendiri. 😊
Jadi, kalian yang berjerawat harus lebih bersemangat dan optimis bahwa wajah kalian akan sembuh dari bintang-bintang (jerawat) diwajah kalian. Oke guys!? 😊
Termasuk lebih bersemangat lagi untuk merawat wajah kalian. Bagaimana caranya? Baca tulisan saya berikut ini ya 😉

Cara Merawat Wajah Berjerawat
1. Jangan Terlalu Sering Memegang Jerawat
Yaa, mungkin cara ini agak terlalu sulit buat kalian yang sedang berjerawat. Pasti kita pengen banget mengetahui kondisi kulit wajah kita. Apakah sudah berkurang jerawatnya ataukah belum? Pasti kalian pernah merasakan hal ini. Tapi guys, jangan terlalu sering, karena kita tidak tau kondisi tangan kita. Apakah sudah bersih dari bakteri? Apakah sebaliknya? Karena ini juga bisa mempengaruhi tumbuh kembangnya si jerawat tersebut. Kalian nggak mau kan kalau jerawat kalian makin parah? Pokoknya anggap saja wajah kalian itu baik-baik saja. Normal dan tidak BERJERAWAT!

2. Rajin Mencuci Muka
Cara ini mungkin sudah umum. Tapi, jangan terlalu rajin ya guys. Maksudnya, jangan juga terlalu sering cuci muka. Misalnya kalian cuci muka 1 jam sekali, ini tidak akan mengurangi jerawat kalian. Yang ada akan menambah jerawat baru guys. Jadi untuk kalian yang berjerawat, lebih baik mencuci muka sewajarnya saja. Kalau nggak salah, untuk mencuci wajah itu masksimal 2 x 1 hari. Tapi kalau untuk saya sendiri biasanya 4 x 1 hari 😊 agak melanggar ketentuan ya? Hahah.. tapi menurutku nggak masalah, asal jarak untuk mencuci mukanya tidak berdekatan.

3. Gunakan Produk Yang Cocok Untuk Kulit Wajah
Tips terpenting buat kalian yang sedang berjerawat, jangan pernah meninggalkan produk yang sudah cocok dikulit wajah kalian demi produk diskon, promo, atau produk yang lagi booming pada saat itu. Kita yang sedang berjerawat ini, harus bisa belajar lebih lagi untuk setia. Iya, setia dengan produk yang sudah cocok untuk wajah kita. Jangan pernah tertipu dengan kata-kata “1 Bulan, Jerawat Langsung Punah” Hoax banget gak sih? Dinosaurus aja, butuh perubahan zaman baru punah. 😊 hehe..

4. Rutin Pakai Masker Wajah
Pengalaman saya, masker wajah untuk kulit berjerawat ini sangat membantu. Karena manfaat masker itu sendiri bisa mengecilkan pori-pori, mengangkat sel kulit mati dan masih banyak lagi manfaatnya. Tapi usahakan menggunakan masker alami ya.. agar tidak ada efek samping yang terlalu berbahaya buat kulit berjerawat.

5. Sesering Mungkin Ganti Sarung Bantal
Tips ini mungkin banyak orang yang belum tau, bahkan saya sendiri juga baru tau beberapa bulan yang lalu ketika saya melihat salah satu video pejuang jerawat di youtube. Dia mengatakan bahwa penyebab jerawat bisa juga terjadi karena kita jarang mencuci sarung bantal. Dan itu semua karena debu yang menempel disarung bantal tersebut, jadi kalian harus banget rajin mengganti sarung bantal kalian. Minimal 3 hari sekali atau seminggu 2 kali.

6. Menjaga Pola Hidup Sehat dan Pola Makan
Ketika kalian sudah menerapkan kelima cara untuk merawat kulit berjerawat diatas, kalian juga harus menerapkan tips yang satu ini. Karena tips ini seperti dasar dari semua tips yang sudah saya sebutkan diatas. Kenapa bisa menjadi dasar dari semua tips? Karena percuma saja kalian beli skincare yang cocok buat kulit kalian, rutin menggunakan masker, sering mengganti sarung bantal kalian, tapi kalian belum bisa menerapkan pola hidup sehat dan pola makan sehat. Misalnya kalian masih malas buat olahraga. Jadi, biasakan olahraga sehari 1 kali dan minimal 30 menit. Kemudian untuk pola makan sehat juga harus dijaga dengan mengurangi makanan yang mengandung minyak berlebihan, makanan pedas, makanan siap saji dan lain sebagainya. Kalau boleh saran, lebih baik makan-makanan yang tidak digoreng atau dikukus karena itu tidak mengandung minyak dan tentu lebih bagus bagi tubuh kita dan jerawat kita.

Mungkin itu saja pembahasan mengenai cara merawat kulit wajah berjerawat. Semoga bisa bermanfaat buat kalian ataupun orang terdekat kalian yang bingung untuk merawat kulit berjerawatnya.
Jangan bosan ya untuk membaca tulisan saya yang agak nggak tertata ini 😊 Karena masih banyak pengalaman yang akan saya share ke kalian mengenai jerawat, lewat Septian Syahrizal’s Blog ini tentunya. Mungkin juga akan banyak part yang akan saya share, dan setiap partnya akan ada pembahasan yang berbeda tentunya.
Jika kalian mempunyai pertanyaan, saran, atau mau diskusi, kalian tinggalkan jejak dikolom komentar saja ya.. atau boleh juga dimedia sosial saya.

Jika tulisan saya ini bermanfaat buat kalian atau orang terdekat kalian, jangan lupa untuk share ya.. terimakasih! 🙏 Keep Spirit Acne Fight! 💪 You're Not Alone! 😉

Comments

Popular posts from this blog

Seputar Tentang Ilmu Mekatronika - Pengertian - Manfaat - Elemen Mekatronika

Gebyar Wisuda SMP Islam Dahlan Syafi'i Tahun Ajaran 2011 - 2012

My Acne Story (Part 1) - Awal Mula Berjerawat!? - Penyebab Jerawat!?